April Mop ”Hari Dusta”

4/10/2009 12:25:00 PM Posted In Edit This 0 Comments »



Tentunya teman2 pernah mendengar istilah "April Mop"kan?
(Hari yang mengesalkan jika qta adalah korbannya!fyuh!)marahHmmm... buat tmn2 yg lom penah mendengarnya... "April Mop itu apa sih???"
hayuuuuukz qta telusuri bareng2...........

Perkataan "April Mop" yang kita kenal sekarang ini diserap dari bahasa Belanda. Sedangkan dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan,“April Fool’s Day“.Sedangkan di Perancis lebih dikenal dengan sebutan “Poissond’ Avril“=Ikan April,oleh sebab itulah anak2 sering saling mengganggu dengan menggunting gambar ikan dan di tempelkan di punggung lawannya.Kebalikannya di Spanyol mereka merayakan April Mop itu pada tanggal 28 Desember yang disebut “Dia de los Santos Inocentes“=Hari anak tak bersalah,oleh sebab itulah juga ketika pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru yang seyogiyanya pada tanggal 28 Desember 1978 diundur sehari agar tidak dijadikan bahan tertawaan ataupun dianggap sebagai lelucon.

April Mop itu adalah hari Dusta, dimana orang dihalalkan untuk berdusta ataupun menyebar luaskan kabar dusta (hoax) sekedar untuk lelucon. Maka dari itu juga para agamaist di Eropa menilai asal muasal dari April Mop itu,karena 1 April itu sebenarnya adalah hari lahir dan juga hari kematiannya dari Yudas sang penghianat Yesus. Yudas diidentiskan sebagai iblis sang raja bohong ! Tidak bisa dipastikan mana yang benar asal muasal dari April Mop itu, tetapi yang masuk diakal dan juga banyak diterima oleh kebanyakan orang asal muasal dari April Mop itu, karena adanya perubahan penanggalan. Penanggalan Rumawi hanya terdiri dari sepuluh bulan, maka dari itu dahulu mereka merayakan hari Tahun Baru nya pada tanggal 1 April. Kata April diserap dari bahasa Belanda yang berasal bahasa Latin “aprire” berarti “membuka”. Membuka Tahun Baru ! Maka dari itu juga rakyat Romawi kuno merayakan pesta ini seperti layaknya pesta Karnaval yang disebut “Quirinalia” pada tanggal 1 April.

Pada th 1564 Raja Perancis Karel IX mengadakan perubahan – reform penanggalan,dari tanggal Rumawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang kita pakai sekarang ini. Oleh sebab itu mereka tidak merayakan tahun baru pada tanggal 1 April lagi, melainkan pada tanggal 1 Januari. Pada saat tesebut belum ada TV/Radio maupun koran, sehingga penyebaran informasi pun sangat lambat sekali. Hal inilah yang menyebabkan banyak rakyatnya jadi telmi(telat mikir), sehingga mereka tetap merayakan hari tahun barunya pada tanggal 1 April.

Mereka yang telmi inilah yang akhirnya menjadi buah tertawaan para penduduk seluruh Perancis pada masa itu. Mulai dari situlah timbul istilah maupun kebiasaan April Mop yang selalu dilakukan pada tanggal 1 April. Kata Mop itu sendiri diserap dari bahasa Belanda =dongeng ! Ini hanya salah satu versi dari sekian banyak versi-versi lainnya, walaupun demikian berdasarkan peninggalan sejarah telah terbuktikan bahwa April Mop itu sudah dikenal jauh sebelumnya,di Perancis pada tahun 1508 dan di Belanda 1539. April Mop bukan hanya disebar luaskan dan dibuat oleh perorangan saja bahkan kantor-kantor media eletronik maupun cetak turut aktiv menciptakan Hoax –April Mop- tersebut.

Quote:

***Muslim :QS Albaqaroh 2:120*** Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yg benar)". Dan sesungguh nya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tdk lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

Sebagaimana sudah firman Allah SWT tersebut, sepanjang masa, tidak akan pernah hilang keinginan mereka musuh-musuh Islam untuk selalu menghancurkan Islam dan memadamkan cahaya Allah SWT. berbagai cara akan mereka lakukan, termasuk sejarah pembantaian muslim Spanyol pun 1 April berkembang menjadi perayaan April's Mop.

Dahulu kala, Muslim Spanyol bukan hanya beragama Islam namun memperaktekkan kehidupan secara Islam. Mereka tidak hanya membaca Al-Qur'an tapi juga bertingkah laku berdasarkan Al-Qur'an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, untuk bir dan juga segala hal yang diharamkan dalam Islam. Jika mereka membaca tentang hijab di Al-Qur'an, mereka memperaktekkan nya tidak seperti kebanyakan kita.

Image Kaum Kafir mencoba membersihkan Islam dari kekuasaan Spanyol, mereka selalu gagal. Telah beberapa kali dicoba tapi selalu tidak berhasil. Lalu mereka mengirim pengintai ke Spanyol untuk mempelajari Islam dan menemukan bahwa kekuatan yang dimiliki kaum Muslim adalah taqwa. Begitu kaum Kristen mengetahui kekuatan umat Islam, mereka mencari strategi untuk menghancurkannya.

Mulailah dengan mengirim alkohol dan cigarette secara gratis kepada mereka. Taktik ini cukup berhasil dan melemahkan keyakinan umat Islam terutama kaum mudanya. Hasil dari usaha ini adalah jatuhnya Spanyol dari kekuasaan umat Islam dan mengakhiri penguasaan umat Islam seluruhnya terhadap Spanyol selama delapan ratus tahun.

Daerah terakhir yang jatuh kepada kekuasaan kaum Kristen adalah Grenada (Ghornata) pada tanggal 1 April

Dibalik perayaan April Mop (April Fool's Day) ini, sangat dipercayai bahwa April Mop mula mula dirayakan pada saat kejatuhan kerajaan Islam di Spanyol. Setelah sekian lama berkuasa di Granada, Spanyol, kerajaan Islam akhirnya runtuh diserang tentara-tentara Kristen. Penduduk-penduduk Islam di Sepanyol (Moors) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Kristen tidak puas dan berusaha untuk menghapuskan orang-orang Islam dari Spanyol.

Penduduk-penduduk Muslimin ini, diberitahu bahwa mereka diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol dengan barang-barang keperluan mereka dengan menggunakan kapal-kapal yang berlabuh di perlabuhan.

Orang-orang Muslimin khawatir dan curiga atas tawaran tersebut, dikhawatirkan tawaran tersebut merupakan suatu penipuan, kemudian mereka pergi kepelabuhan untuk melihat apakah ada kapal yang dimaksud oleh tentara Kristen dan setelah dilihat keberadaan kapal dipelabuhan, merekapun membuat persiapan untuk berlayar.

Keesokan harinya (1 April), mereka mengambil semua barangan yang telah disiapkan lalu menuju ke perlabuhan. Pada saat itulah, pihak Kristen mengambil kesempatan menggeledah dan membakar rumah penduduk-penduduk Islam itu. Bahkan mereka juga tidak sempat untuk menaiki kapal karena semuanya telah musnah dibakar. Pihak Kristen kemudian menyerang kaum Muslimin dan membunuh kesemuanya, lelaki, perempuan, serta anak-anak kecil. Peristiwa berdarah yang meyedihkan ini kemudiannya dirayakan oleh tentara Kristen. Perayaan ini akhirnya dirayakan setiap tahun bukan saja di Spanyol tetapi juga di seluruh dunia sebagai April Fool's Day ato lebih qta kenal “April Mop”

Yang menyedihkan, orang-orang Islam yang jahil pun turut memperingati April mop tanpa menyadari mereka sebenarnya merayakan ulang tahun pembunuhan masal saudara se-Islam mereka sendiri.

Wahai umat Islam, berhati hatilah terhadap budaya ini..... hindari diri kita dari berbuat Dzolim. Ingatkanlah saudara saudara kita sesama muslim.
- Ingatlah bahwa tanggal 1 April adalah hari pembantaian umat Islam Spanyol
- Dan yang penting dalam Al Quran & Hadist tidak ada perintah dimana boleh menipu orang lain sebagai bahan gurauan.

0 komentar: