Beberapa Tips Untuk Meredam Emosi / Amarah Diri Sendiri

11/29/2009 06:29:00 PM Posted In Edit This 6 Comments »



Siapapun pasti pernah marah, karena marah adalah bersifat manusiawi. Marah terkadang menimbulkan situasi yg serba salah. Jika qta melampiaskan amarah, qta bisa terserang penyakit, begitu jg jika qta menahan amarah, penyakit lain jg akan mengancam qta. Banyak macam orang mengungkapkan kemarahannya, bisa dgn meledak-ledak, bisa jg hanya diam aja.

Mengapa orang yg pemarah mudah terkena penyakit? Karena didalam darah orang pemarah terkandung banyak hormon adrenalin, hormon yg diproduksi oleh kelenjar adrenal ini akan dilepaskan ke dalam darah ketika ada rangsangan emosi. Akibatnya adalah denyut jantung akan bertambah cepat dan tekanan darah meninggi, keadaan inilah yg mengakibatkan penyakit mudah datang.

Saat emosi dan amarah memuncak maka segala sifat burukpun yg ada didalam diri qta akan sulit dikendalikan dan rasa malu pun kadang akan hilang berganti dengan segala sifat buruk demi melampiaskan kemarahannya pada benda, orang, dll di sekitarnya.

Saya akan berbagi beberapa tips untuk meredam emosi / amarah pada diri sendiri,mudah2an bermanfaat buat qta semua.Amien.....

1. Rasakan Yg Orang Lain Rasakan

Cobalah bayangkan apabila qta marah kepada orang lain. Nah, sekarang tukar posisi dimana qta menjadi korban yg dimarahi. Bagaimana kira2 rasanya dimarahi. Kalau kemarahan sifatnya mendidik dan membangun mungkin ada manfaatnya, tapi kalo marah membabi buta tentu jelas qta akan cengar-cengir sendiri :D

2. Tenangkan Hati Di Tempat Yg Nyaman

Qta harus berusaha buat menenangkan diri, kalo qta udah merasakan tanda2 kemarahan seperti denyut nadi yg bertambah cepat, nafas ter engah-engah atau darah mengalir cepat, cobalah menarik nafas dalam2 & redakan emosi yg sedang bergejolak.

3. Mencari Kesibukan Yg Disukai

Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yg membuat kemarahan qta memuncak qta butuh sesuatu yg mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yg menyenangkan dan dapat membuat qta lupa akan masalah yg dihadapi. Contoh seperti mendengarkan musik, main PS2 winning eleven, bermain gitar atau alat musik lainnya, membaca buku, chating, chayang-chayangan dengan kekasih pujaan hati(halah,hoho... :p), menulis artikel, nonton film box office, dan lain sebagainya. Hindari perbuatan bodoh seperti merokok, make narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya.

4. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain Yg Bisa Dipercaya

Menceritakan segala sesuatu yg terjadi pada diri qta kepada org yg dipercaya mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yg ada di hati. Jangan curhat pada orang yg nggak qta percayai untuk mencegah curhatan pribadi qta disebar kepada orang lain yg nggak qta inginkan.
Bercurhatlah pada sahabat, pacar / kekasih, isteri, orang tua, saudara, kakek nenek, paman bibi, dan lain sebagainya.

5. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi

Ketika pikiran qta mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yg qta hadapi dan apa saja kira2 jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yg ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran qta dan selesaikan masalah dengan segera, karena nggak baik kalo qta menyimpan masalah sampe lebih dari 3 hari( dosa cuy... :D )

6. Mengambil jarak dan berpikiran positif

Segeralah qta mengambil jarak dari sumber kemarahan dan lakukan relaksasi singkat. Coba redakan amarah qta dengan mengatakan pada diri qta sendiri “it’s OK” atau “tenanglah”, dll yg bersifat positif.

7. Cuek Dan Melupakan Masalah Yg Ada

Ketika rasa marah menyelimuti diri dan qta sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan qta. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yg tidak penting.
Misalnya dalam hati berkata : “Ya ampun.... Saya harus bisa menyikapi semua ini dgn dewasa, kenapa harus pake marah2 kaya gini”,dan lain sebagainya...

8. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak


Sebelum marah kepada orang lain cobalah qta memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut qta layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Terkadang ada orang yg karena cuma diliatin sama orang lain jadi marah dan langsung menegur dengan kasar mengajak ribut / berantem. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yg besar jangan disepelekan.

9. Menetapkan Tujuan, Cita-Cita Dan Impian Hidup

Semakin banyak cita2 dan impian hidup qta maka semakin banyak hal yg perlu qta raih dan qta kejar mulai saat ini. Tetapkan impian dan angan hidup qta setinggi mungkin namun dapat dicapai apabila dilakukan dengan serius dan kerja keras. Hal tersebut akan membuat hal2 sepele nggak akan menjadi penting karena qta terlalu sibuk dengan rajutan benang masa depan qta sendiri. Mengikuti nafsu amarah berarti sama aja menyia-nyiakan waktu qta yang berharga.

10. Kendalikan Emosi Dan Jangan Mau Diperbudak Amarah

Orang yg mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya nggak nyaman udah barang tentu sangat nggak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri agar nggak mudah marah. Santai aja dan cuek terhadap sesuatu yg nggak penting. Tujuan hidup qta adalah yg paling penting. Anggap kemarahan yg nggak terkendali adalah musuh besar qta dan kalo perlu qta melakukan konseling kepada orang yg bijaksana.

Kurang lebih tips diatas dapat membantu qta buat menghilangkan sifat pemarah yg ada didalam diri qta, saya yakin qta semua BISA asal ada kemauan buat mencoba & melakukannya dengan baik.
;)

Ada juga nih beberapa ciri2 orang yg nggak mampu mengendalikan emosinya :

1. Berkata keras dan kasar pada orang lain.
2. Marah dengan merusak atau melempar barang2 di sekitarnya.
3. Ringan tangan pada orang lain di sekitarnya.
4. Melakukan tindak kriminal / tindak kejahatan.
5. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb.
6. Menangis dan larut dalam kekesalan yg mendalam.
7.Dendam dan merencanakan rencana jahat pada orang lain. Dsb.



Sumber : Kaskus.us
Read More Gan...

..:: Kasih sayang seorang Ayah ::..

11/21/2009 03:44:00 PM Posted In Edit This 12 Comments »


Halo... Halo.....
Apa kabar semua.....??? hehee....
Wah kayaknya udah lama bgt saya nggak posting di blog tercinta ini :D

kebetulan akhir2 ini saya sering jalan2 diforum kaskus, banyak bgt info2 menarik & cerita2 inspirasi yg saya dapatkan, salah satunya ya ini yg akan saya posting.hohoo....

Yang udah2 saya pernah posting tentang kebijakan & kasih sayang seorang ibu, kali ini saya akan berbagi tentang kebijakan & kasih sayang seorang ayah :)

Nah... Berhubung saya seorang cewek, jadi dalam postingan ini saya ambil peran “cewek”,
qta simak bareng2 yuuukz......
;)

Biasanya seorang anak perempuan yg tinggalnya jauh dari orang tua merasa kangeeen banget sama ibunya.

Lalu bagaimana dgn ayah?

Mungkin ibu lebih sering menanyakan keadaan qta setiap hari,.tp taukah qta jika ayah lah yg mengingatkan ibu utk menelfon qta?

Mungkin ibu yg lebih sering mengajak qta bercerita, tp taukah qta sepulangnya ayah bekerja dgn wajah lelah ayah selalu menanyakan kabar qta melalui ibu qta?

Waktu qta kecil...

Ayah mengajari putri kecilnya bermain sepeda. Setelah ayah mengganggap qta bisa, ayah melepaskan roda bantu di sepeda qta, Saat itu ibu menutup mata karena takut melihat qta terjatuh lalu terluka. Tapi ayah dgn yakin menatap qta mengayuh sepeda dgn pelan karena ayah tau qta pasti bisa.

Saat qta menangis meronta meminta boneka yg baru, ibu menatap qta iba, tetapi ayah mengatakan dgn tegas "kita beli nanti,tapi tidak sekarang" karena ayah nggak ingin qta menjadi manja dgn semua tuntutan yg selalu di penuhi.

Ketika qta remaja...

Qta mulai menuntut utk keluar malam. Lalu ayah mulai bersikap lebih tegas ketika mengatakan "Tidak",
pernyataan itu utk menjaga qta karena qta adalah sesuatu yg berharga.
Lalu qta masuk ke kamar membanting pintu karena kesal, tapi yg datang mengetuk pintu dan membujuk qta adalah ibu...

Taukah qta saat itu ayah memejamkan matanya dan menahan diri, karena ayah sangat ingin mengikuti keinginan qta. Tapi lagi2 ayah harus menjaga qta....

Saat seorang cowok mulai sering datang mencari qta, ayah akan memasang wajah paling cool sedunia. Dan sesekali menguping atau mengintip saat qta sdg berdua di ruang tamu.
Taukah qta, ayah merasa cemburu... :D

Dan saat ayah melonggarkan sedikit peraturan, qta melanggar jam malamnya. Ayah duduk di ruang tamu menunggu qta pulang dgn sangat2 khawatir. Wajah khawatir itu mengeras ketika melihat qta pulang terlalu larut. Ayah marah, karena khawatir hal yg di takuti nantinya akan jd kenyataan yaitu "putrinya sudah tidak ada lg"

Saat ayah sedikit memaksa qta utk menjadi seorang dokter. Ketahuilah bahwa ayah hanya memikirkan masa depan qta nanti. Tapi toh ayah tetap tersenyum saat pilihan qta adalah menjadi seorang penulis.
:)

Sampai saat ayah harus melepas qta di bandara, di terminal, di stasiun. Bahkan badannya terlalu kaku utk memeluk qta. Ayah hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini-itu. Ayah ingin menangis seperti ibu yg menangis dan memeluk qta erat. Tapi ayah hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya dan menepuk pundak qta berkata "jaga dirimu baik2 nak...!". Agar qta kuat utk pergi kemanapun...

Saat qta butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupan qta, orang pertama yg mengerutkan kening adalah Ayah. Berusaha mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dgn yg lain.

Ketika permintaan qta bukan lg sekedar meminta boneka baru, dan ayah tau ayah tidak bisa memberikan. Ayah sangat ingin mengatakan "iya nak, nanti kita beli" dan saat kata2 yg keluar adalah "Tidak bisa" dari bibirnya. Taukah qta kalau saat itu ayah merasa gagal membuat anaknya tersenyum...

Saat qta sakit dan tidak berada di dekatnya, ayah terlalu khawatir sampai2 kadang sedikit membentak berkata "sudah dibilang jgn minum air dingin!", “sudah dibilang jangan telat makan!”,dan lain sebagainya, berbeda dgn ibu yg memperhatikan qta dgn lembut.
Ketahuilah saat itu ayah benar2 khawatir dgn keadaan qta...

Dan di saatnya nanti qta menuai keberhasilan, ayah adalah orang pertama yg akan memberikan ucapan selamat utk qta. Ayah akan tersenyum bangga dan puas melihat "putrinya yg sudah tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang"

Sampai saat seorang teman hidup qta datang dan meminta izin utk mengambil qta dari ayah. Ayah akan sangat berhati-hati memberikan izin tersebut, karena ayah tau laki2 itu yg nanti akan menggantikannya menjaga qta.

Dan saat ayah melihat qta duduk di panggung pernikahan bersama seseorang yg dianggapnya pantas menggantikannya. Ayah lalu pergi kebelakang panggung, ayah menangis, dalam hatinya berkata "Tugasku telah selesai dgn baik, putri kecilku yg lucu telah menjadi wanita yg cantik..."

Ayah hanya bisa menunggu kedatangan qta dan cucu2nya sesekali utk menjenguknya. Dgn rambut yg telah memutih dan badan yg tak lagi kuat utk menjaga qta dari bahaya.

Ayah adalah sosok yg harus selalu terlihat kuat bahkan ketika ayah tidak kuat utk tdk menangis. Harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakan qta. Ayah juga orang pertama yg selalu yakin bahwa "qta bisa" dalam hal apapun.

Tersenyum dan bersyukurlah ketika qta bisa merasakan kasih sayang seorang ayah hingga tugasnya selesai. Qta adalah salah satu orang yg beruntung. Karna ayah adalah sosok superhero yg hebat...
;)


sumber : kaskus.us

Read More Gan...