Awas!Bahaya Ponsel Dalam Kehidupan Kita!

1/03/2009 01:45:00 PM Posted In Edit This 1 Comment »



Dua penelitian yang dilakukan secara terpisah telah mengungkap beberapa resiko yang dihadapi pengguna ponsel. Temuan ini menambah panjang kontroversi terhadap dampak yang ditimbulkan piranti yang sudah tak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan manusia modern ini.

Penelitian pertama yang dilakukan oleh Profesor Lennart Hardell dari University Hospital di Orebro menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan ponsel mengalami peningkatan glioma atau atau kanker sel glial yang berpengaruh pada otak dan syaraf tulang belakang.

Menurut hasil penelitian ini, anak-anak yang mulai menggunakan ponsel sebelum usia 20 tahun menghadapi resiko lima kali lebih besar terjangkit tumor ini. Temuan yang sama juga menunjukkan bahwa mereka ini beresiko mengalami gangguan syaraf pendengaran yang dapat menyebabkan hilangnya fungsi pendengaran.

Sementara penelitian lain yang dilakukan secara terpisah menunjukkan bahwa meletakkan ponsel dalam saku dapat mengurangi kesuburan sperma pria yang membawa ponsel tersebut. Penelitian yang dilakukan Cleveland Clinic ini menyertakan 32 subjek yang diletakkan pada jarak sekitar 2,5 cm dari ponsel untuk menyimulasikan posisi ponsel dalam saku. Subjek ini kemudian dikenai radiasi frekuensi 850Mhz selama satu jam.

Menurut sebuah berita menunjukkan bahwa sampel ini mengalami penurunan jumlah antioksidan yang berdampak pada kelangsungan hidup dan kemampuan gerak sperma ini. Menurut para peneliti, temuan ini sangat penting artinya karena dari hasil penelitian ini mereka dapat mengembangkan lagi penelitian mereka untuk memahami dampak dari piranti elektronik yang sudah jadi bagian hidup sehari-hari ini.






1 komentar:

Fadil Wimala mengatakan...

artikel yg bikin ak inget masa lalu, waktu disuruh ngasih presentasi mengenai bahaya ponsel bagi manusia.. :)