Screen Reader Software Untuk Para Tunanetra

1/10/2009 03:01:00 PM Posted In Edit This 4 Comments »






Di zaman yg segala sesuatunya serba mutakhir ini,handphone ato telephone selular bukan merupakan barang asing lagi.Bahkan penggunaan handphone utk kehidupan sehari-hari gag bisa dipisahkan.

Manusia menggunakan handphone biasanya di gunakan utk telephon ato melakukan panggilan,menulis pesan singkat ato sms,mengirim file,browsing di internet,ato bahkan yg terbaru adalah melihat lawan bicara kita langsung di monitor menggunakan tekhnologi 3G.Tapi kadang gag terpikir oleh qita,apakah cemua orang bisa mengakses cemua tekhnologi dlm handphone itu.
Pernahkah terlintas di benak qita gimana saudara2 qita yg tunanetra mengakses handphone?kalo dilihat sekilas gag mungkin rasanya seorang tunanetrayg notabenya gag memiliki penglihatan sempurna mengakses handphone.Banyak feature dlm handphone harus di akses menggunakan metode visual.Selaen hanya utk melakukan panggilan,feature seperti sms misalnya mutlak harus menggunakan metode visual.

Utk mengatasinya yg bisa dilakukan oleh tunanetra adalah menggunakan handphone yg dilengkapi dgn screen reader.Screen reader ato pembaca layar adalah jenis software yg digunakan utk menterjemahkan tampilan dilayar dlm bentuk suara.
Jadi singkatnya,program ini akan menyebutkan tulisan apa yg tertera dilayar.Utk software ini,brand yg biasa digunakan adalah talks yg bisa diliat di http://www.nuance.com.

Pada handphone yg memiliki feature2 rumit,metode ini sangat dianjurkan.Sebenarnya cemua handphone masih bisa jika ingin diakses dgn metode hafalan,tp rumit dan beragamnya menu serta tombol akan sangat mempersulit metode ini.Dgn software screen reader utk handphone ini tunanetra hanya perlu mendengarkan apa yg disebutkan oleh handphone.Tunanetra akan dgn cepat mengetahui berada di posisi mana mereka sekarang tanpa perlu minta dilihatkan lagi oleh yg normal.Tombol2 yg ditekanpun akan mengeluarkan suara.Seperti misalnya qita menekan tombol 1(satu),maka handphone akan menyebutkan “one”.Lalu “menu” jika menekan tombol menu.
Sehingga gag ada kesulitan lagi bagi tunanetra utk menelusuri cemua feature dlm handphone.Mereka bisa menulis sekaligus membacanya,menyimpan dan menggunakan kontak dlm phonebook,mendengarkan lagu dlm bentuk mp3,menulis catatan,dll...

Kelemahan dari metode ini adalah gag bisa digunakan utk tipe handphone lama.Utk bisa menginstal software screen reader ini handphone harus menggunakan operating system minimal symbian 6.0.Pada saat ini software screen reader yg bernama talks itu hanya bisa utk handphone beroperating system symbian,utk java ato yg laenya masih belom bisa.Handphone dgn operating system minimal symbian 6.0 ini contohnya adalah Nokia 6600 dan Nokia 3230.Kedua handphone itu sudah diuji dpt diinstall dan cukup mudah utk digunakan bagi tunanetra.




4 komentar:

Anonim mengatakan...

Teman boleh minta bantuannya? Saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah harus banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Please….. Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya posting 3 artikel tolong komentarnya, komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

DavidMIqbal mengatakan...

betul tw....hp bisa di samain kayak bagian tubuh yg terpenting....

bapakku panggil saya ungge mengatakan...

nice post...

mbaknya..saya mau tanya mbaknya...gimana cara menggabungkan suatu software pemrograman dengan JAWS ini??

trims mbaknya

dari masnya...

Penerimaan CPNS 2014 mengatakan...

Software yang bagus